Senin, 03 April 2017

Sistem Informasi di Bidang Psikologi



Menurut Pratiwi (2012), sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan psikologis. Atau lebih jelasnya sistem informasi psikologi adalah suatu sistem atau tata cara yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian.
Penggunaan sistem informasi dalam bidang psikologi merupakan kerjasama antara bidang ilmu komputer dan psikologi. Hal tersebut dimungkinkan karena banyak hal dalam dunia psikologi yang masih bisa dikelola dengan menggunakan bantuan komputer. hal ini tentunya akan memudahkan pekerjaan seseorang di dalam dunia psikologi.
Berikut saya berikan  salah satu contoh penerapan sistem informasi dalam bidang psikologi.

Konseling Online (E counseling)

E-counseling atau E-mail counseling merupakan layanan dari internet yang menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi baru, yang dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi.
Konseling online merupakan layanan intervensi psikologis yang dilakukan antara konselor kepada klien melalui media internet. Fungsi dari konseling online adalah :
1.      membantu masyarakat yang mempunyai permasalahan terkait dengan psikologis untuk dikonsultasikan kepada ahlinya.
2.   membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya.
Konseling online berbeda dengan komunikasi verbal in-person. Dalam konseling online, konselor dan klien berkomunikasi menggunakan media internet yang berbasis teks interaktif.
Berikut salah satu contoh dari e-counseling.
http://www.konseling-hipnoterapi.com/p/blog-page_27.html




Manfaat dan kelebihan:
  1. Memudahkan masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang psikologis dengan ahlinya dengan cara mengisi form e counseling yang tersedia tanpa harus mencari atau mendatangi langsung sang terapis serta jawaban akan dikirimkan langsung ke email .
  2. Memberikan pengetahuan kepada masyarakat seputar dunia psikologi yang tersedia pada kolom popular posts dibagian bawah web.
  3. Memberikan informasi tentang seminar psikologi di tab training schedule.
  4. Tampilan web sederhana dan memudahkan user.


Kekurangan :

  1.  Tampilan dari web tersebut sangat sederhana dan terlihat biasa.
  2.  Penempatan yang kurang tepat dari kolom popular post  yang berada paling bawah sehingga tidak terlihat saat web dibuka pertama kali, dan user harus menscrollnya terlebih dahulu. Hal ini juga menyebabkan user tidak menyadari adanya kolom tersebut.
  3. Kurangnya beberapa fitur seperti find dan translate bahasa.

Saran :
  1. Tampilan web bisa dibuat lebih menarik lagi.
  2. Sebaiknya penempatan dari kolom popular post berada di samping kolom formulir e counseling, sehingga langsung terlihat saat web dibuka.
  3. Pada bagian atas sebaiknya diberikan kolom pemberitahuan acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat sehingga masyarakat dapat langsung tahu, tanpa harus mengklik menu training schedule.
  4. Menambahkan fitur pilih bahasa seperti bahasa inggris, dikarenakan apabila ada warga negara asing yang mengunjungi web tersebut, ia dapat memahami isi web tersebut. Hal ini juga akan membantu orang orang yang tidak mengerti bahasa indonesia untuk mengerti isi dari web tersebut.
  5. Menambahkan fitur find sehingga user bisa langsung mencari informasi apa yang dia ingin cari dan dapatkan dari web tersebut.


Sumber :

http://triseptiana94.blogspot.co.id/2015/10/penerapan-sistem-informasi-psikologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar