Selasa, 15 November 2016



Tugas Struktur Organisasi Data 1


1.       Diskusikan hambatan - hambatan yang harus dipertimbangkan dalam merancang sebuah index inversi untuk multi-key file.
Jawab :

Hambatan – hambatan yang harus dipertimbangkan dalam merancang sebuah index inversi untuk multi-key file yaitu :
a)      Urutan record
Setiap penambahan record akan menyebabkan index inversi berubah berupa perubahan urutan record sehingga record harus diurut dengan urutan yang unik.

b)      Pointer ke record
Setiap key yang menunjuk (pointing) pada suatu record harus memiliki index yang berbeda-beda.  Dengan menggunakan satu pendekatan yang dapat mendukung semua jenis akses adalah dipunyainya banyak berkas yang berbeda. Setiap berkas diorganisasi untuk melayani satu jenis keperluan.

c)       Duplikasi record
                Record yang memiliki data key sama (seperti ID) harus memiliki index yang berbeda. pada masing-masing pemakai harus memiliki record-record yang berbeda, ini bisa mengakibatkan kerumitan bagi si pemakai.

Hambatan lainnya yaitu pengulangan data dari beberapa file bukan merupakan cara yang baik untuk mengakses record dengan berbagai cara. Cara ini memerlukan space yang besar di storage dan akan mendapat kesulitan pada saat pengupdatean record secara serentak.

2.       Diskusikan hambatan-hambatan yang harus dipertimbangkan dalam merancang sebuah index untuk multi list file
Jawab :

Hambatan-hambatan yang harus dipertimbangkan dalam merancang sebuah index untuk multi list file yaitu:
a)      Urutan record
Record-record harus diurutkan secara ascending (atas ke bawah) karena index Multi-List hanya menunjuk ke record yang pertama dan akan menurun kebawah.

b)      Jumlah akses record
File sequential yang memiliki akses record paling sedikit dalam index Multi-List akan dipilih sehingga file sequential tersebut harus memiliki record yang tidak terlalu banyak.

c)       Link record
Setiap record saling berhubungan sehingga index Multi-List pada sebuah record akan berpengaruh terhadap pengaksesan record lain sehingga record-record tersebut harus memiliki hubungan yang relevan.

d)      Pointer ke record
Data record mempunyai penunjuk untuk data record selanjutnya dengan nilai key dan seterusnya. Maka terdapat sebuah linked-list dari data record untuk setiap nilai dari secondary key. Nilai key harus diurut, struktur indeks adalah tabel dengan indirect addressing dan mempunyai hubungan data record yang disusun menurut ID secara ascending.

3.       Mengapa kebanyakan implementasi dari struktur alternate key index sequential menggunakan pendekatan inverted dibandingkan pendekatan multi list?
Jawab :

Kebanyakan implementasi dari struktur alternate key index sequential menggunakan pendekatan inverted dibandingkan pendekatan multi list dikarenakan mereka diimplementasikan pada organisasi internal yang berbeda. Masing-masing berkas tersebut harus menempati pada alat penyimpan yang bersifat Direct Access Storage Device (DASD). Namun, mengapa lebih menggunakan pendekatan inverted dibanding pendekatan multi-list yaitu dikarenakan pendekatan inverted lebih terstruktur dan lebih menguntungkan dalam mengakses file sequential. Hal ini disebabkan oleh karakteristik index inverted yang memiliki key terhadap masing-masing record sehingga record-record tersebut dapat diurutkan berdasarkan berbagai jenis. Setiap jenis record tersebut dapat diakses satu per satu dan berurutan.

4.       Jelaskan permintaan (request) yang dapat dilayani oleh indeknya sendiri dalam sebuah inverted file
Jawab :
Jenis permintaan yang dapat dilayani sendiri oleh indexnya adalah permintaan terhadap informasi pada record berupa keberadaan index, jumlah record, keterkaitan record, record-record yang saling berhubungan, dan lain-lain. Informasi-informasi tersebut dapat dilayani sendiri oleh index inversinya tanpa harus mengakses data pada file. Indeks tersebut diakses oleh metode pencarian.Setiap entri indeks memberikan kata dan daftar teks, dapat juga menampilkan lokasi sebuah kata atau frase di dalam teks, di mana kata tersebut muncul.

5.       Pada beberapa multi list file, setiap index entry mencakup panjang dari linked list yang berkaitan. Jenis permintaan apa yang menguntungkan dengan informasi yang  tersedia ini.
Jawab :

Jenis permintaan yang menguntungkan yaitu permintaan yang dilakukan dengan menggunakan pencarian sequential karena dalam indeks multi-list untuk sebuah nilai key mempunyai hanya sebuah penunjuk untuk data record pertama dengan nilai key. Data record mempunyai penunjuk untuk data record selanjutnya dengan nilai key dan seterusnya. Maka terdapat sebuah linked-list dari data record untuk setiap nilai dari secondary key. Nilai key harus diurut. Dan yang kedua adalah pemintaan dalam pengurutan data secara ascending berdasarkan size (ukuran) file.

.
6.       Diskusikan keuntungan dan kerugian dalam memberikan tanggung jawab kepada programmer aplikasi untuk merancang file yang digunakan untuk programnya, dibanding memberikan tanggung jawab kepada orang lain.
Jawab :


Keuntungan yang didapat jika kita merancang file dengan menggunakan jasa programmer maka pekerjaan tersebut akan terlihat lebih memuaskan dan lebih akurat serta sesuai dengan apa yang kita inginkan dan hasilnya akan baik, terperinci dan terstruktur. Sedangkan kerugiannya adalah kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit apabila kita menggunakan jasa seorang programmer dan apabila pengerjaan perancangan file tersebut dikerjakan oleh orang yang bukan ahlinya mungkin saja hasilnya tidak semaksimal hasil yang dikerjakan oleh programmer yang sudah ahli dibidangnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar