Selasa, 22 November 2016

SISTEM TERKOMPUTERISASI
SISTEM PERPUSTAKAAN

A.    Pengertian Sistem Terkomputerisasi
Menurut Jogyanto,HM, Pengenalan Komputer, Yogyakarta, 1999 :
“Sistem komputerisasi adalah penggunaan computer sebagai alat Bantu dalam kegiatan pengolahan data yang dilakukan secara manual. Data diolah dengan menggunakan computer yang sudah diprogram sebelumnya, pengolahan data ini dimulai dengan perekam data hingga sampai pada pencetakan laporan”.

Pengolahan data secara komputerisasi lebih menguntungkan dibandingkan dengan pengolahan data secara manual. Keuntungan tersebut dapat ditinjau dari beberapa segi. Salah satu dalam hal penyajian laporan yang lebih cepat dan efisien dan akurat. Faktor keuntungan inilah yang menjadi alasan mengapa pengolahan data dilakukan secara komputerisasi untuk menggantikan sistem manual.

B.     Pengertian Sistem Perpustakaan
Perpustakaan adalah institusi atau lembaga yang menyediakan koleksi bahan perpustakaan tertulis, tercetak dan terekam sebagai pusat sumber informasi yang diatur menurut sistem dan aturan yang baku dan didayagunakan untuk keperluan pendidikan, penelitian dan rekreasi intelektual bagi masyarakat. Perpustakaan secara umum bertujuan untuk melakukan layanan informasi literal kepada masyarakat. Tujuan khusus dari perpustakaan dibedakan oleh jenis perpustakaannya.
Sedangkan Sistem Informasi Perpustakaan adalah proses komputerisasi untuk mengolah data suatu perpustakaan. Mulai dari katalogisasi koleksi, pengolahan data anggota, sampai proses peminjaman dan pengembalian koleksi beserta aturan-aturannya seperti lamanya peminjaman dan penghitungan denda keterlambatan.

C.    Manfaat Sistem Perpustakaan
Sistem Perpustakaan  merupakan sistem yang dibuat untuk memudahkan petugas perpustakaan dalam mengelola suatu perpustakaan. Semua di proses secara komputerisasi yaitu digunakannya suatu software tertentu seperti software pengolah database misalnya seperti mysql, oracle dsb. Dengan sistem informasi perpustakaan ini, petugas perpustakaan dapat selalu memonitor tentang ketersediaan buku, daftar buku baru, peminjaman buku dan pengembalian buku.
Dengan sistem ini, peminjam buku maupun yang mengembalikan buku tidak perlu menunggu lama untuk proses peminjaman atau pengembalian buku. Petugas perpustakaan pun tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pelaporan kepada kepala perpustakaan.

D.    Tujuan dari Sistem Perpustakaan
Tujuan dari penggunaan sistem informasi pada perpustakaan adalah :
        1) Agar perpustakaan dapat diakses dari mana saja tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu
        2) Cepat dan akurat dalam melakukan sistem barcode pada sirkulasi
        3) Dibangun menggunakan open source sehingga tidak perlu menggunakan lisensi dan bersifat gratis
      4) Data disimpan secara terpusat pada server sehingga setiap orang dapat menggunakan informasi yang sama
        5) Proses update data menjadi lebih praktis, dan pembuatan laporan dapat dibuat dengan lebih cepat sehingga mempercepat dalam pengambilan keputusan.

E.     Kelemahan Sistem Perpustakaan
Kelemahan-kelemahan Sistem Informasi dalam Perpustakaan antara lain dapat berupa:

            1)      Membutuhkan biaya yang besar
Biaya besar tersebut adalah untuk membeli PC (personal computer), untuk sewa teknisi atau pekerja yang dapat membuat dan mengoperasikan di awal, yang tentunya pekerja tersebut adalah ahli dalam bidangnya, dan memakan gaji yang lebih di banding pekerja sebelumnya.

            2)      Hanya PC yang terinstal yang dapat digunakan
            Semakin banyak PC yang terinstal maka akan semakin memudahkan pencarian, dan tentu saja membutuhkan PC lebih serta biaya lebih.

            3)      Pengguna yang Awam
Ketika PC telah di install maka Perpustakaan juga harus dapat mensosialisasikan penggunaan media atau sistem informasi tersebut. Karena tidak semua pengunjung paham teknologi.

F.     Pilihan menu yang biasa disediakan oleh Sistem Perpustakaan

Menu-menu yang biasa disediakan oleh Sistem Perpustakaan antara lain:

1)Buku : Berisi pengolahan buku, antara lain pencatatan, katalogisasi buku baru, mengedit, mencari buku, dll.
2)  Jurnal : Berisi pengolahan jurnal dan paper, mengisi data baru, mengedit dll
3) Skripsi : Berisi pengolahan skripsi, antara lain mengisi data baru, mengedit mencari, dll.
4) Keanggotaan : digunakan untuk melakukan registrasi anggota
5) Peminjaman : digunakan untuk melakukan transaksi peminjaman buku
6) Pengembalian : digunakan untuk melakukan transaksi pengembalian buku
7)Pencarian : Berisi operasi pencarian yang meliputi pencarian buku, paper, skripsi, dan anggota.
8) Laporan: Berisi tentang informasi transaksi peminjaman dan pengembalian.
9) Pilihan : Berisi tentang pengaturan yang akan diterapkan dalam Sistem Informasi Perpustakaan ini dan juga untuk mem-backup database.
10) Password: Berisi tentang penggantian password untuk sebuah akun
11) Pengunjung:Digunakan untuk mencatat pengunjung yang mengunjungi perpustakaan.

G.    Flowchart untuk Membangun Sistem Informasi Perpustakaan





H.    Contoh Tampilan Sistem Perpustakaan Digital Universitas Gunadarma



Sumber :

http://sir.stikom.edu/85/6/BAB%20III.pdf
https://erlisbudiarti.wordpress.com/2014/03/27/537/comment-page-1/
http://belajartanpabuku.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-sistem-komputerisasi_2.html
http://www.slideshare.net/smitpatel10192/library-management-system-presentation
http://putroweb.blogspot.co.id/2009/03/sistem-informasi-perpustakaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar