Rabu, 03 Juli 2019

Membuat Penulisan Ilmiah di Semester 6


Penulisan Ilmiah di Semester 6

Pada postingan kali ini saya kan menceritakan tentang penulisan ilmiah apa yang saya buat sewaktu saya di semester 6 lalu.

Untuk mahasiswa Gunadarma pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya penulisan ilmiah. Yap penulisan ilmiah akan dilakukan atau dibuat oleh mahasiswa gunadarma S1 yang sudah berada di semester 6. Dalam membuat penulisan ilmiah ini mahasiswa akan mendapatkan 1 orang dosen pembimbing yang akan membimbing mereka dalam membuat penulisan ilmiah. Dan nantinya jika penulisan ilmiah tersebut sudah selesai maka hasil penulisan tersebut harus disidangkan di depan para penguji sama seperti saat siding skripsi. Untuk penulisan ilmiah di jurusan saya sistem informasi, biasanya mahasiswa akan membuat suatu program atau website sebagai tema penulisan mereka. Di sini mereka harus bisa membuat suatu program dan membuat penulisan tentang program tersebut.

Pada waktu semester 6 lalu, penulisan ilmiah yang saya buat adalah tentang teknologi Augmented Reality. Untuk kalian yang tidak tau apa itu augmented reality saya akan berikan penjelasan sedikit menurut seorang ahli. Jadi, menurut Brian (2012) Augmented Reality merupakan suatu istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia visual yang diciptakan oleh komputer menjadikan batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Nah, untuk lebih singkatnya augmented reality merupakan suatu teknologi yang dapat membuat manusia dapat melihat suatu objek maya 2D atau 3D ke dalam dunia nyata.  

Teknologi augmented reality tersebut saya buat dalam versi aplikasi android. Untuk bentuk dari objek benda yang saya buat ke dalam teknologi augmented reality pada waktu itu adalah augmented reality dari kue – kue ulang tahun pada suatu toko roti yang berada di daerah rumah saya. (*nama toko dirahasiakan).

Alasan mengapa saya memilih untuk membuat aplikasi augmented reality kue ulang tahun dari toko tersebut adalah karena untuk kue ulang tahun dan kue pernikahan dengan model seperti di menu, di toko tersebut tidak disediakan setiap hari. Sehingga jika ada konsumen yang ingin membeli kue tersebut maka harus memesannya terlebih dahulu. Untuk detail dan bentuk dari kedua jenis kue tersebut konsumen hanya bisa melihatnya dari gambar yang ada pada menu. Sehingga hal ini membuat konsumen hanya dapat membayangkan bentuk dari kue yang akan dibelinya melalui sebuah gambar tanpa tahu secara pasti seperti apa bentuk asli kue tersebut. Maka dari itulah alasan mengapa saya membuat penulisan ilmiah tentang ini.

Untuk proses pembuatan aplikasi augmented reality ini saya menggunakan beberapa aplikasi yaitu, software Blender yang saya gunakan untuk membuat objek 3D dari kue ulang tahun, Unity 3D yang saya gunakan untuk membuat aplikasi android dan augmented reality, GIMP yang saya gunakan untuk mendesain atau membuat marker dari augmented reality. (Marker ini merupakan sebuah penanda khusus yang mana pada saat kamera mendeteksi marker atau diarahkan ke marker, maka objek tiga dimensi dapat ditampilkan.) Kemudian yang terakhir saya menggunakan Vuforia sdk sebagai database dari augmented reality.

Pada aplikasi ini saya membuat 10 buah model kue ulang tahun dengan bentuk dan variasi warna seperti yang ada di toko kue tersebut. Sedangkan untuk tampilan aplikasi androidnya terdapat beberapa tampilan menu seperti menu ke kamera (untuk menscan marker atau memunculkan objek kue), kemudian ada menu harga yang menampilkan tampilan list daftar harga kue, menu store info yang berisikan tampilang mengenai informasi dari toko kue, dan terakhir ada menu untuk menampilkan tampilan about yang berisikan informasi pribadi saya selaku yang membuat aplikasi tersebut.
Berikut ini merupakan tampilan dari aplikasi augmented reality saat dijalankan di hand phone:






Gambar di atas adalah gambar tampilan dari home dan tampilan list daftar harga kue. Untuk gambar background dan gambar dari button pada aplikasi saya, saya mendownloadnya dari freepik.com dan flaticon.com.

Agar objek 3D yang sudah dibuat dapat ditampilkan maka kita harus menyiapkan markernya dan arahkan kamera ke marker tersebut dan objek akan muncul di layar hand phone kita. Berikut adalah gambar screen shot pada aplikasi augmented reality kue ulang tahun yang saya buat ketika saya mengarahkan kamera ke marker  :












Tahap awal proses pembuatan pertama tama saya membuat objek 3D kue terlebih dahulu. Awalnya saya hanya membuat 3 jenis model kue tapi dosen pembimbing saya meminta agar membuatnya menjadi 10 jenis kue. Setelah semua model 3D jadi, selanjutnya saya membuat marker dengan software GIMP. Saya memilih menggunakan GIMP karena software ini mudah untuk digunakan. Setelah selesai membuat marker saya lanjut untuk membuat augmented reality  dan aplikasi androidnya dengan menggunakan unity 3D. Unity 3D ini saya gunakan untuk menyatukan objek 3D dengan marker, sehingga saat kamera diarahkan ke marker objek 3D dapat muncul. Lalu saya juga membuat tampilan aplikasi menambahkan suara saya menjalankan aplikasi dan lain – lain.

Selama proses pembuatan penulisan ini dari awal sampai akhir, menurut saya proses yang paling sulit adalah pada saat pembuatan objek 3D. kenapa? Karena di sini saya menggunakan software Blender yang mana saya belum begitu mahir menggunakannya karena belum pernah mempelajarinya secara detail dan diperkuliahan pun tidak diajarkan. Dan selama pembuatan saya hanya mengandalkan tutorial – tutorial dari youtube dan web. Dan ada juga beberapa objek 3D yang saya ambil dari sebuah web yang menyediakan objek 3D gratis dikarenakan saya tidak bisa membuatnya. Sejujurnya saya juga belum pernah yang namanya membuat teknologi augmented reality ini sebelumnya. Namun kenapa saya yakin untuk membuat tema ini sebagai penulisan ilmiah saya adalah karena ada beberapa teman di kelas saya yang juga membuat  penulisan ilmiah tentang augmented reality, sehingga saya merasa saya punya teman untuk belajar bersama -sama.

Dan seperti itulah sekilas tentang penulisan ilmiah yang sudah saya buat. Terima kasih telah membaca tulisan ini ^-^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar