Strategi Mengerjakan Soal Structure pada TOEFL / TOEIC
Jenis
pertanyaan yang paling umum ditanyakan dalam soal TOEFL Test bagian STRUCTURE adalah
mengenai subject dan verb. Bentuk soalnya biasanya seperti kata yang
dikosongkan, baik subject atau verb atau keduanya, atau mungkin kata yang
memiliki subject tambahan atau verb tambahan.
Structure
strategies for TOEFL PBT
Berikut
adalah tip atau strategi untuk menjawab pertanyaan structure pada TOEFL PBT:
Focus
on the sentence as a whole
Kunci
dalam menjawab pertanyaan structure adalah dengan membaca keseluruhan kalimat
di satu soal. Dari sana kita dapat menganalisis apakah kalimat sudah sempurna,
seperti apakah sudah punya subyek dan predikat. Jika tidak ada masalah dengan
bentuk kalimat, berarti masalahnya ada di bagian grammar yang lain, missal susunan
frasa, preposition, tense, dsb. Kita diharapkan jangan terfokus ke
bagian-bagian yang digaris bawahi, karena kita bisa saja terjebak.
Contoh
Soal :
When
rhinos take mud baths, the mud create a barrier to biting insects.
(A) (B) (C) (D)
Pembahasan
Jika
kita hanya focus ke bagian yang digaris bawahi, kemungkinan besar kita akan
menganggap bahwa D lah yang salah karena mungkin yang ada di benak kita adalah ‘to’
pasti diikuti dengan verb 1 (bite), bukan verb-ing(bitting). Padahal ‘to’ dapat
diikuti oleh kata benda (noun) dalam hal ini frasa kata benda (noun phrase) ‘biting
insect’. Kata biting menerangkan kata insect sehingga biting insect di atasa
adalah noun phrase yang artinya ‘ serangga yang mengigit’.
Bagian
yang salah seharusnya adalah C karena dalam present tense, subyek he/she/it,
kata kerja (verb) harus ditambahkan -s/-es. Jadi kalimat itu seharusnya When rhinos
take mud baths, the mud creates a barrier to bitting insects.
Dalam
jenis soal structure TOEFL yang lain terbagi menjadi bermacam – macam jenis
bentuk dari soalnya. Untuk memudahkan dalam mempelajari soal Structure dalam TOEFL
test, maka jenis pertanyaannya dibagi menjadi 10 jenis pertanyaan yang dimana
dalam pengerjaannya memiliki cara atau metode masing – masing.
1. Soal
TOEFL Structure jenis ke-1 (Kesesuain Kalimat yang memiliki subject dan verb)
Bentuk
kalimat dalam bahasa Inggris harus memiliki subjek (subject) dan kata
kerja (verb). Cara menjawab soal TOEFL Structure jenis ke-1 adalah "Pastikan Kesesuaian Kalimat yang
Memiliki Subject dan Verb". Berikut adalah rumus jawaban dari
jenis soal ke 1.
Perhatikan
bagan di atas tentang penggunaan
subject dan verb yang sesuai dalam sebuah kalimat.
Contoh
soal :
Engineers________
for work on the new space program.
(A) necessary
(B) are needed
(C) hopefully
(D) next month
(A) necessary
(B) are needed
(C) hopefully
(D) next month
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, bahwa kalimat di atas, Engineers sebagai subject, namun tidak
ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling
tepat. Karena "are needed" adalah kata kerja. Sedangkan,
jawaban (A), (C), dan (D) bukanlah verb, sehingga bukanlah jawaban yang benar.
2. Soal
TOEFL Structure jenis ke-2 (Obyek (Object) dari kata depan (preposition) )
Preposisi/
kata depan selalu diikuti oleh kata benda (noun) dan bukan kata kerja
(verb). Kata benda tersebut berlaku sebagai objek. Kata benda ini dapat berupa
noun (kata benda), proper noun (nama), pronoun (kata ganti),
noun group/noun phrase (kelompok kata kerja), dan gerund (kata kerja
yang dibendakan).
Preposisi yang
diikuti oleh kata benda seperti as, in, at, of, to, by, behind, on, dan
sebagainya akan membentuk frase preposisional. Cara menjawab soal TOEFL
Structure jenis ke-2 adalah dengan memperhatikan Betul Objek (Object)
dari Kata Depan (Preposition).
Berikut
ini adalah rumus pembentukan preposisi :
(
[Subject+Verb] + Prepositions + Noun )
Contoh
Soal :
With his friend________ found the movie theater.
(A) has
(B) he
(C) later
(D) when
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata
kerja (verb). Tampak bahwa found sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan
adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah
objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan
obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di
atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he, adalah jawaban terbaik.
Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak
bisa menjadi subjek.
Tips
dan Strategi:
Sebuah preposisi selalu diikuti kata benda (noun, pronoun, gerund), bukan kata kerja (verb).
Sebuah preposisi selalu diikuti kata benda (noun, pronoun, gerund), bukan kata kerja (verb).
3. Soal
TOEFL Structure jenis ke-3 (Kalimat "appositive")
Appositive
merupakan kata
benda (noun) yang datang sebelum atau sesudah kata benda lain, namun
memiliki keterikatan sebagai status yang sama. Cara menjawab soal TOEFL
Structure nomor ke-3 adalah "Hati-hati terhadap Appositive". Berikut
adalah rumus pembentukan appositive.
Contoh
Soal :
_________,
George, is attending the lecture.
(A) Right now
(B) Happily
(C) Because of the time
(D) My friend
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas, kita harus mengenali dari koma bahwa George bukan subjek kalimat. George adalah appositive. Karena kalimat ini masih perlu subjek. Maka, jawabannya yang tepat adalah (D), My friend. Sedangkan, Jawaban (A), (B), dan (C) tidak benar karena ketiganya tidak dapat menjadi subjek.
4. Soal
TOEFL Structure jenis ke-4 (Present Participle)
Present
participle adalah bentuk -ing dari kata kerja (seperti: playing, talking).
Dalam pertanyaan Structure pada tes TOEFL, present participle dapat berupa
bagian dari kata kerja (verb)atau kata sifat (adjective) sehingga
kita perlu hati hati dalam membedakan kedua hal tersebut. Strategi
dalam menjawab soal TOEFL Structure jenis ke-4 adalah berhati-hati terhadap Present
Participle. Untuk cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan
dua hal berikut.
A.
Kata Kerja (Verb)
Ia dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be.
Ia dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be.
The man is talking to his friend.
verb
(Pria itu sedang berbicara dengan temannya)
Dalam
kalimat ini talking adalah bagian dari kata kerja karena disertai
dengan is.
B.
Kata Sifat (Adjective)
Present participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai dengan beberapa bentuk kata kerja be/to be.
The woman working as an english teacher is very beautiful
Adjective
(Wanita yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris tersebut sangat cantik.)
Present participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai dengan beberapa bentuk kata kerja be/to be.
The woman working as an english teacher is very beautiful
Adjective
(Wanita yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris tersebut sangat cantik.)
Dalam
kalimat di atas, working adalah kata sifat dan bukan bagian dari kata
kerja, karena tidak disertai dengan bentuk be/to be.
Contoh
Soal :
The child_________
playing in the yard is my son.
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, jika kita melihat selintas dari awal kalimat, tampak bahwa
child adalah subjek dan playing merupakan kata kerja. Jika kita berpikir bahwa
playing merupakan bagian dari kata kerja, kita kemungkinan memilih jawaban (B),
is, atau jawaban (D), was, untuk menyempurnakan kata kerja. Padahal, kedua
jawaban tersebut tidak benar, karena playing bukan bagian dari kata kerja. Kita
harus menyadari bahwa playing adalah participle adjective, karena ada verb lain
dalam kalimat ini, yaitu is. Maka, dalam kalimat ini, sudah ada subjek (child)
dan kata kerja (is), jadi kalimat ini tidak membutuhkan subjek atau kata kerja
lainnya. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (A).
5. Soal
TOEFL Structure jenis ke-5 (Past Participle)
Past
participle dapat menyebabkan kebingungan dalam struktur pertanyaan pada
tes TOEFL karena past participle dapat berupa kata sifat atau bagian dari kata
kerja. Past participle adalah bentuk kata kerja (verb) yang
muncul/didahului be (am, is, are, was, were) dan have (have, has, had).
Biasanya, pembentukannya diakhiri -ed (offered, listed, suspected, etc.),
tetapi ada juga past participle yang tidak beraturan dalam bahasa Inggris.
Untuk cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan dua point
berikut.
A.
Verb
The family has purchased a television. (Keluarga itu telah
membeli sebuah televisi)
The
poem was written by Paul. (Puisi itu telah ditulis oleh Paul)
Pada
kalimat pertama bentuk past participle "purchased" merupakan bagian
dari kata kerja karena di dahului oleh have (has). Sementara yang kedua, past
participle "written" juga merupakan bagian dari kata kerja karena di
dahului oleh be (was).
B.
Adjective
Past participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai/didahului
bentuk be atau have.
The
television purchased yesterday was expensive. (Televisi yang dibeli
kemarin mahal)
The poem written by Paul appeared in the magazine. (Puisi yang
ditulis oleh Paul mucul di majalah)
Dalam
kalimat pertama, purchased adalah adjective, bukan verb, karena tidak disertai
bentuk be atau have (dan ada sebuah verb, "was", dalam kalimat
berikutnya). Dalam kalimat kedua, written adalah adjective, bukan verb, karena
tidak disertai bentuk be atau have (dan ada sebuah kata kerja,
"appeared", dalam kalimat berikutnya).
Berikut
adalah rumus dari Past Participle
Past
Participle sering berakhiran -ed, tapi perlu diketahui bahwa banyak bentuk past
participle yang tidak beraturan (irregular). Banyak kata kerja
termasuk yang berkhiran -ed dapat membingungkan, apakah verb itu simple past
atau past participle. Kata kerja berakhiran -ed bisa saja merupakan (1) simple
past, (2) past participle, dan (3) adjective.
Contoh
Soal :
The bread _________ baked this morning smelled delicious.
(A) has
(B) was
(C) it
(D) just
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas, jika melihat beberapa kata pertama dari kalimat, tampak
bahwa bread adalah subyek dan baked sebagai kata kerja lengkap atau past
participle yang membutuhkan kata kerja pembantu. Padahal, jika dilihat lagi
dalam kalimat, Anda akan melihat kata kerja smelled. Anda kemudian akan
menyadari bahwa baked adalah kata sifat participial (adjective participial),
sehingga ia bukanlah bagian dari kata kerja. Karenanya, jawaban (A) dan (B)
tidak benar, sebab baked adalah kata sifat dan tidak membutuhkan kata kerja
pembantu seperti has atau was. Jawaban (C) tidak benar karena tidak membutuhkan
untuk subjek it. Jawaban (D) adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini.
The bread just baked this morning smelled delicious. (Roti yang dibakar pagi
ini tercium nikmat).
6. Soal
TOEFL Structure jenis ke-6 (Kata Penghubung (Coordinate Connector))
Banyak
kalimat dalam bahasa Inggris mempunyai lebih dari 1 klausa (clause):
1. I am learning.
2. Mom is cooking, and dad is working in the garden.
3. The girl who is looking at me is my neighbour.
Kalimat
no 1, hanya mempunyai 1 klausa. Sementara kalimat no 2, pada kalimat terakhir
mempunyai 2 klausa, yaitu "mom is cooking" dan "dad is working
in the garden". Sedangkan no 3, ada 2 klausa, yaitu "the girl
is my neighbor" dan "who is looking at me".
Dari
contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa klausa merupakan bagian dari kalimat
atau kalimat itu sendiri yang mempunyai satu subjek dan satu verb. Umumnya
diartikan bahwa klausa itu merupakan sekumpulan kata yang berisi sebuah subjek
dan sebuah verb.
Pada kunci ini akan dipelajari mengenai bentuk-bentuk kata penghubung (coordinate connector) serta penggunaannya dalam kalimat. Coordinate connector digunakan untuk menghubungkan antara satu klausa dengan klausa lain yang menggunakan and, but, or, so, yet, dan tanda koma (,). Perhatikan kata yang digarisbawahi pada contoh berikut.
Tom
is singing, and Paul is dancing. (Tom sedang bernyanyi, dan
Paul sedang menari)
Tom
is tall, but Paul is short. (Tom itu tinggi, tapi Paul itu
pendek)
Tom
must write the letter, or Paul will do it. (Tom harus menulis
surat, atau paul yang akan melakukannya)
Tom
told a joke, so Paul laughed. (Tom menceritakan lelucon, maka
Paul tertawa)
Tom
is tired, yet he is not going to sleep. (Tom lelah, dia belum
juga berangkat tidur)
Strategi
untuk menjawab soal TOEFL Structure jenis ke-6 adalah "Gunakan Kata
Penghubung (Coordinate Connector) dengan Benar". Berikut rumus pembentukan
kalimat menggunakan kata penghubung.
Contoh
Soal :
A
power failure occured, _______ the lamps went out. (Terjadi gangguan
tenaga (listrik), maka lampu mati.)
(A) then
(B) so
(C) later
(C) next
(A) then
(B) so
(C) later
(C) next
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai dua
klausa "a power failure occured" dan "the lamps went out".
Jadi kalimat tersebut butuh sebuah coordinate connector untuk menghubungkan ke
dua klausa tersebut. Dari pilihan jawaban yang ada hanya 1 bentuk connector
yaitu so. Jadi jawaban paling tepat adalah (B), so.
7. Soal
TOEFL Structure jenis ke-7 (Kata Penghubung Keterangan Waktu dan Penyebab (Time
and Cause Connector) )
Strategi
untuk menjawab soal TOEFL Structure jenis ke-7 adalah "Gunakan Kata
Penghubung Keterangan Waktu dan Penyebab (Time and Cause Connector) dengan
Benar". Berikut adalah diagram pembentukan kata penghubung adverb time dan
cause.
Contoh
Soal :
_______
was late, I missed the appointment. (______terlambat, saya kehilangan
janji)
(A) I
(B) Because
(C) The train
(D) Since he
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dari kalimat di atas dapat kita ketahui bahwa kalimat tersebut mempunyai kata
kerja/verb was yang membutuhkan subjek. Juga terdapat klausa yang lain I missed
the appointment. Jika memilih jawaban (A) I atau (C) The train maka jawaban
Anda tidak tepat, karena hanya menyediakan subjek untuk kata kerja was,
sementara connector untuk kedua klausa tersebut Anda abaikan. Untuk jawaban (B)
because, hanya menyediakan connector, sehingga bukan jawaban tepat. Jawaban
paling memungkinkan yaitu (D) Since he (sejak dia). He sebagai subjek dari verb
was: he was late dan since sebagai connector yang menghubungkan dua klausa he
was late dan I miss the appointment.
8. Soal
TOEFL Structure jenis ke-8 (Adverb Connector)
Klausa
adverbia dapat mengekspresikan ide-ide waktu dan penyebab, seperti yang sudah
kita lihat pada Cara ke-7, klausa adverbia juga dapat
mengungkapkan sejumlah ide lain, seperti berlawanan (contrast), kondisi
(condition), cara (manner), dan tempat (place). Karena klausul ini klausa
adverbia, mereka memiliki struktur yang sama seperti waktu dan menyebabkan
klausul dalam cara ke-7. Untuk cara menjawab soal TOEFL structure jenis
ini, perhatikan kalimat berikut.
I
will leave at 7:00 if I am ready. (Saya akan pergi jam 7:00 jika saya
siap)
Although I was late, I managed to catch the train. (Meski saya telat, saya
berusaha untuk mendapatkan kereta)
Dalam
masing-masing contoh, ada dua klausal yang benar terhubung dengan adverb
connector. Pada kalimat pertama, adverb condition connector if datang di
tengah-tengah kalimat. Dalam kalimat kedua, adverb contrast connector Although
datang pada awal kalimat, dan koma (,) digunakan di tengah-tengah kalimat.
Berikut
yang berisi keterangan jenis adverbia connector lainnya dan cara pembentukan
pola kalimatnya.
Contoh
Soal :
You will get a good grade
on the exam provided_______.
(Kamu akan mendapatkan nilai bagus pada ujian asalkan _______.)
(A) studying.
(B) study.
(C) to study.
(D) you study.
(Kamu akan mendapatkan nilai bagus pada ujian asalkan _______.)
(A) studying.
(B) study.
(C) to study.
(D) you study.
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini Anda harus segera melihat adverb condition connector
"provided". Connector ini datang di tengah-tengah kalimat dan
connector itu harus diikuti dengan subjek dan kata kerja. Maka, jawaban terbaik
dari soal ini adalah (D), yang berisi subjek dan kata kerja "you
study" (kamu belajar).
9. Soal
TOEFL Structure jenis ke-9 (Kata Penghubung Klausa Kata Benda (Noun Clause
Connector) )
Noun
clause merupakan sebuah bentuk klausa yang berfungsi sebagai kata
benda (noun), yang berarti bisa menduduki sebagai subjek atau objek
dari kata kerja (verb) atau objek dari preposition (kata depan).
Cara menjawab soal TOEFL structure and written expression, klausa kata
benda ini harus dilihat posisinya terlebih dahulu sebagaimana dalam beberapa
contoh berikut.
I know when he will
arrive.
Keterangan: Noun
clause sebagai objek dari verb
I am concerned
about when he will arrive.
Keterangan:
Noun clause sebagai objek dari preposition
When he will
arrive is not important.
Keterangan:
Noun clause sebagai subjek kalimat
Pada
contoh No.1, terdapat dua klausa, I know dan he will arrive. Kedua klausa ini
dihubungkan oleh connector (kata penghubung) when. When mengubah klausa he will
arrive menjadi sebuah noun clause yang berfungsi sebagai objek dari kata kerja
know.
Pada contoh No.2, kedua klausa I know dan he will arrive yang dihubungkan oleh
connector when. When mengubah klausa he will arrive menjadi sebuah noun clause
yang berfungsi sebagai objek dari preposition about.
Pada contoh No.3 lebih sulit. Pada contoh ini, ada dua klausa tapi ini agak
sulit dikenali. He will arrive adalah salah satu klausanya, dan penghubung when
mengubahnya menjadi klausa kata benda yang berfungsi sebagai subyek kalimat.
Kesimpulannya, when he will arrive menjadi klausa kata benda (noun
clause) sebagai subyek, sedangkan is sebagai kata kerja.
When
he will arrive (subjek)
When: connector
he: subjek
will arrive: verb dari klausa he will arrive
is: verb dari kalimat
Berikut
adalah tabel rumus tentang pembentukan kalimat klausa kata benda dengan penghubung
kata benda.
Contoh Soal :
________was late caused
many problems.
(A) That he
(B) The driver
(C) There
(D) Because
(A) That he
(B) The driver
(C) There
(D) Because
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas mempunyai 2 verb (was dan caused)
dan setiap verb butuh subjek. Sementara dari kalimat di atas tidak nampak satu
pun subjek. Jadi kita butuh 2 subjek. Jawaban (D) Because, jelas salah karena
bukan subjek. (C) dan (D) hanya punya 1 subjek. Jadi pilihan jawaban paling
tepat yaitu: (A) That he. He merupakan subjek dari was. Sementara that menjadi
connector yang menjadikan status he was late menjadi subjek dari verb caused.
10. Soal
TOEFL Structure jenis ke-10 (Kata Penghubung Noun Clause yang Berfungsi
Sekaligus Sebagai Subyek (Noun Clause Connector/ Subject))
Pada
jenis ke-9, sudah kita pelajari bahwa noun clause connector berfungsi
sebagai kata penghubung. Dalam jenis ke-10 ini, kita akan mempelajari
bahwa kata penghubung noun clause tidak hanya berfungsi sebagai
connector, tapi juga dapat sekaligus menjadi subjek dari noun klausa. Cara
menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan kalimat-kalimat
berikut.
I
do not know what is in the box. (Saya tidak mengetahui apa yang
ada di kotak itu)
(Noun Clause As Subject of Verb)
We
are concerned about who will do the work. (Kami risau tentang siapa yang
akan melakukan pekerjaan itu)
(Noun Clause As Subject of Preposition)
Whoever is coming to the party must bring a gift. (Siapapun yang
datang ke pesta itu harus membawa sebuah kado)
(Noun Clause As Subject)
Pada
contoh No.1, terdapat dua klausa, I do not know dan what is in the box. Kedua
klausa ini dihubungkan oleh connector (kata penghubung) what. Perlu diketahui
dalam kalimat ini connector 'what' memunyai dua peran: sebagai subjek dari verb
'is' dan sebagai connector yang menghubungkan kedua klausa.
Pada
contoh No.2, terdapat dua klausa. Pada klausa pertama, we merupakan subjek dari
are. Pada klausa kedua, who merupakan subjek dari will do. Who juga berfungsi
sebagai connector yang menghubungkan antara kedua klausa tersebut. Noun clause
who will do the work berfungsi sebagai objek dari preposisi about.
Pada
contoh No.3, juga terdapat dua klausa: whoever sebagai subjek dari is coming.
Whoever is coming to the party merupakan subjek dari must bring. Kata connector
'whoever' berfungsi sebagai subjek dari kata kerja is coming dan juga sebagai
connector yang menghubungkan kedua klausa tersebut.
Berikut
ini adalah tabel yang berisi
penjelasan dan rumus pembentukan noun clause connector/subjects.
Contoh
Soal :
__________ was on television
made me angry (..... di televise membuatku marah)
(A) It
(B) The story
(C) What
(D) When
(A) It
(B) The story
(C) What
(D) When
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dapat segera diketahui bahwa kalimat di atas memunyai 2 verb (was dan made) dan
setiap verb butuh subjek. Jawaban (A) dan (B), karena subjek 'It' dan 'the
story' tidak bisa menjadi subjek dari 2 verb (was dan made) sekaligus. Jawaban
(D) jelas salah, karena when bukanlah sebuah subjek. Pada jawaban (C) kata what
dapat berfungsi sebagai subjek dari was dan juga sebagai connector kedua klausa
di atas; noun clause "what was on television" merupakan subjek
dari verb "made". Karenanya, jawaban terbaik yaitu (C), What.
Sumber
Referensi :
Buku Things Your English Book
Don’t Tell You, penulis : @englishtips4u
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus