PEMBUATAN ANIMASI 3D “SERANGAN ZOMBIE”
Disusun
oleh :
- (14115905) Nadhifa Azzahra
- (15115143) Novita Leony Amelia
- (15115610) Raka Wibawa Putra
- (15115848) Reza Vahlevi
- (15115924) Ridho Anugerah Putra
- (16115000) Rillo Bagaskoro
- (16115213) Rizqi Syarafi
- (16115483) Septian Perdana Putra
- (16115894) Tifani Aprilia
- (16115919) Tizzani Assadia Salsabilla
3KA04
UNIVERSITAS
GUNADARMA
ATA 2017/2018
Abstrak
Animasi adalah film dari hasil pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Tujuan penelitian ini untuk
membuat sebuah film berjudul Serangan Zombie. Animasi ini menggunakan objek 3
dimensi. Animasi Serangan Zombie dapat disaksikan oleh semua kalangan dan
diharapkan menjadi sarana hiburan bagi yang menyaksikannya.
Kata Kunci: Animasi,
3D, zombie, Unreal Engine 4, Radeon Relive,
Movavi Video Editor 14 Plus, Fuse, Zbrush, Maya 3D, Cinema4D.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Animasi
merupakan salah satu hiburan yang dapat dikonsumsi untuk semua kalangan, mulai
dari anak – anak hingga orang. Animasi adalah film dari hasil pengolahan gambar
tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dalam perkembangannya, animasi
dapat dengan mudah untuk disaksikan, dapat melalui siaran televisi, media
sosial hingga bioskop kini sudah menayangkan film berupa animasi, baik 2
dimensi mau pun 3 dimensi. Animasi dapat berdampak positif jika terdapat pesan
moral di dalamnya.
Animasi
yang disaksikan saat ini sudah beragam jenis tema yang diangkat, mulai dari
petualangan hingga tema horror pun sudah dapat disaksikan berkat kemudahan
akses teknologi saat ini. Dalam pembahasan kali ini, akan dibuat sebuah animasi
3 dimensi yang berjudul “Serangan Zombie”
yang menceritakan tentang penyerangan zombie
di sebuah kota bawah tanah. Diharapkan animasi ini dapat memberikan hiburan
bagi semua kalangan yang menyaksikannya.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, rumusan
masalah yang didapat adalah bagaimana teknik pembuatan Animasi “Serangan Zombie”?
1.3
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk
membuat film Animasi Serangan Zombie. Film animasi ini diharapkan dapat menjadi
sarana hiburan bagi masyarakat umum.
1.4
Manfaat Penelitian
Penelitian ini
diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain :
- Mengembangkan keterampilan dalam hal pembuatan alur cerita mau pun pembuatan film
- Diharapkan film Animasi Serangan Zombie dapat memberikan hiburan yang bersifat menyenangkan.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Aplikasi
Pembuatan Animasi
Animasi 3D “Serangan Zombie” dibuat
dengan menggunakan aplikasi yang akan dijelaskan pada sub bab berikut :
2.1.1 Unreal
Engine 4
The Unreal Engine adalah sebuah game
engine yang dikembangkan oleh Epic Games, pertama kali dipamerkan pada tahun
1998 first-person
shooter permainan Nyata. Meskipun terutama dikembangkan
untuk first-person shooters, telah berhasil digunakan dalam berbagai genre
lainnya, termasuk siluman, Mmorpg, dan
lain Rpg. Dengan kode yang ditulis dalam C++, Unreal Engine memiliki
tingkat tinggi portabilitas dan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game
hari ini.
Pada tanggal 17 agustus 2005, Mark Rein, wakil
presiden Epic Games, mengungkapkan bahwa Unreal Engine 4 sudah dalam
pengembangan sejak tahun 2003. Sampai pertengahan 2008, pengembangan
eksklusif dilakukan oleh Tim Sweeney, CEO dan pendiri Epic Games. mesin
menargetkan generasi kedelapan konsol, Pc dan Tegra K1berbasis perangkat
yang menjalankan Android yang
diumumkan pada bulan januari 2014 di CES.
Pada bulan februari 2012, Mark Rein mengatakan
"orang-orang akan terkejut akhir tahun ini ketika mereka melihat Unreal
Engine 4". Unreal Engine 4 diresmikan terbatas peserta di 2012 Game
Developers Conference, dan video dari mesin yang ditunjukkan oleh artis
teknis Alan "Jimat" Willard dirilis ke publik pada tanggal 7 juni
2012 melalui GameTrailers TV. demo Ini diciptakan pada PC dengan triple
GeForce GTX 580 (tri SLI) dan dapat dijalankan pada PC dengan GeForce GTX 680.
2.1.2
Radeon Relive
Radeon ReLive merupakan driver
yang memiliki fitur yang
memungkinkan Anda untuk merekam game favorite maupun aplikasi desktop yang
sedang digunakan, adapun beberapa fitur unggulan lainnya yang ada pada Radeon
ReLive ini adalah :
1.
Recording : Rekam berbagai
aktivitas bermain game serta pekerjaan yang Anda lakukan dengan hasil yang
terbaik! Fitur ini sudah dioptimalkan khusus untuk kartu grafis Radeon dan
Processor AMD APU sehingga tidak mengganggu performa bermain game atau
pekerjaan Anda5.
2. Streaming : Jadikan kualitas
streaming video Anda lebih tinggi dengan dukungan terhadap resolusi QHD / WQHD
(2560×1440) secara langsung ke situs ternama seperti Youtube dan Twitch.
3. Overlay : Bagi Anda yang tak
hanya ingin sekedar merekam aktifitas bermain game Anda fitur ini bisa hadirkan
informasi tambahan di dalam video yang Anda buat, seperti spesifikasi PC
Desktop/Laptop yang digunakan, Camera hingga menampilkan logo di dalam video
seperti logo website pun bisa dilakukan.
4. HotKey dan APP In Toolbar : Untuk memudahkan
dalam penggunaan, ReLive telah dilengkapi dengan kombinasi Shorcut tertentu seperti Ctrl+Shift+R untuk
merekam aktifitas game serta bagi yang belum terbiasa dengan kombinasi banyak
shortcut, dibekali juga Toolbar khusus
yang bisa diaktifkan saat bermain game untuk memudahkan dalam merekam game
favorit.
2.1.3 Movavi Video Editor 14 Plus
Movavi Video Editor
14.4.1 Full adalah sebuah software yang dapat anda gunakan untuk mengedit video
yang anda punya dengan berbagai efek menarik yang sudah disediakan. Anda dapat
dengan mudah mengubah video biasa menjadi video yang luar biasa dengan
penambahan efek yang sesuai pada video anda tersebut. Dengan menggunakan
program Movavi Video Editor Full ini,
anda juga dapat dengan mudah memotong bagian video klip yang anda inginkan
untuk kemudian digabungkan ke bagian lainnya tanpa kehilangan kualitas dari
video itu sendiri.
Selain beberapa fitur di
atas, Movavi Video Editor Full juga
dapat anda gunakan untuk menambahkan teks atau musik pada video anda agar
tampak lebih hidup dan menyenangkan. Tampilan antarmuka program Movavi Video Editor Full ini juga cukup simpel dan
sederhana, sehingga memudahkan anda untuk memahami semua fungsi yang ada di
dalam program Movavi Video Editor Full ini.
2.1.4 ZBrush
Zbrush adalah sebuah alat pahat
digital (digital sculpting) yang memadukan modeling
3D/2.5D, texturing, dan painting. ZBrush menggunakan
teknologi “pixol” yang menyimpan pencahayaan, warna, material, dan informasi
menyeluruh dari seluruh objek pada layar. Perbedaan utama antara ZBrush dengan
paket modeling terdahulu terletak pada fungsi sculpting.
ZBrush digunakan sebagai alat sculpting digital untuk menciptakan
model dengan resolusi tinggi (hingga jutaan polygon dan secara teori,
tidak terbatas) yang digunakan pada film, game, dan animasi. Zbrush menggunakan
tingkat resolusi dinamis sehingga pengguna dapat melakukan perubahan secara
global atau lokal pada model yang sedang dibuat. ZBrush dikenal mampu untuk
melakukan sculpt mulai dari detail tingkat medium sampai
tingkat tinggi yang sebelumnya hanya dilukis dalam peta timbul.
2.1.5 Maya 3D
Maya 3D adalah software 3D
modeling maupun animasi, khususnya karakter modeling dan animasi. Perangkat
lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh
Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industry film animasi
atau kartun dan juga untuk permainan video komputer. kelebihan dari program ini
adalah proses pembuatan animasi yang relative lebih mudah dibandingkan
perangkat 3D lainnya. Oleh karena itu, Maya 3D memang lebih banyak digunakan
untuk membuat karakter modeling dan animasinya.
2.1.6 Cinema 4D
Cinema
4D atau biasa di singkat C4D merupakan software 3D animasi dan motion graphic
buatan Maxon.
Maxon sendiri adalah perusahaan software yang berkedudukan di Jerman.
Seperti halnya dengan software 3D lainnya, tentunya C4D bisa menangani semua
pembuatan seperti modeling,lighting, animation, texturing, rendering dan
lainnya.
Cinema 4D adalah pengembangan pemodelan dari 3D,
dimana animasi dan aplikasi render yang di kembangkan oleh Maxon Komputer GmbH
di Jerman. Hal ini mampu merubah prosedur dan polygonal atau sub modelingnya,
yang mana 4D ini memliki prosedur dan polygonal/ sub modeling, menjiwai, penchayaan,
tekstur, pembuatan, dan fitur-fitur umum ditemukan dalam apliasi 3D modeling.
Empat varian saat ini yang tersedia dari Maxon
adalah : aplikasi ini CINEMA 4D ‘Prime’, versi ‘Broadcast’ dengan fitur motion
grafis tambahan,’Visualisasi’ yang menambahkan fungsi untuk desain arsitektur
dan ‘Studio’, yang mencakup semua modul.
Pada tahun 2014 rilis varian 5, ‘Lite’. Yang di
kemas dengan Adobe After Effects Creative Cloud 2014, dan bertindak sebagai
versi pengantar, dengan banyak fitur yang dipotong. Ini adalah bagian dari
kemitaraan baru antara dua perusahaan baru,, Maxon di produksi plug-in yang di
sebut C1NEWARE, memungkinkan setiap varian untuk membuat alur kerja yang mulus
dengan After Effects. Varian ‘Lite’ tergantung pada After Effect CC, yang
membutuhkan aplikasi berjalan yang terakhir untuk dimulai, dan hanya di jual
sebagai komponen paket disertakan dengan AE CC 2014 melalui Adobe.
Awalnya, CINEMA 4D dikembangkan untuk computer
Amiga di awal 1990-an, dan tiga vesi pertama dari program yang tersedia secara
eksklusif untuk platform tersebut. Dengan v4, bagaimanapun, Maxon mulai
mengembangkan program untuk computer Windows dan Macintosh juga, mengutip
keinginan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan ketidakstabilan
pertumbuhan pasar Amiga berikut kebangkrutan Commodore.
Sampai rilis 11,5, Cinema 4D memiliki pendekatan
modular untuk aplikasi, dengan kemampuan untuk memperluas aplikasi inti dengan
berbagai modul. Ini berakhir dengan Realease 12, meskipun fungsi modul ini
tetap dala, berbagai rasa dari Cinema 4D (Perdana, Broadcast,
Visualisasi,Studio) Modul tua adalah :
1. Adbanced Render : Iluminasi global/HDRI,
caustic, oklusi ambient dan simulasi langit.
2. BodyPaint 3D : Lukisan langsung pada UVW Meshes;
Sekarang termasuk dalam inti-intinya Cinema 4D, inti/Prime dan produk BodyPaint
3D identik satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah splash screen dan atar
muka pengguna default.
3.
Dynamics : Untuk simulasi tubuh lembut dan
dinamika benda dynamics.
4.
Hair : Mensumulaskan Hair,fur,grass, dan
lain-lain.
5.
Mocca : Karakter animasi dan simulasi kain.
6.
MoGraph : Motion Graphics pemodelan procedural
dan animasi toolset.
7. NET Render : Untuk membuat animasi memlalui
jaringan TCP / IP di render peternakan.
8.
PyroCluster : modul menjadi terintegrasi dalam
modul lanjutan render.
9.
Sketch & Toon : Alat untuk cel shading
kartun dan gambar teknis.
10. Thinking Particles :
Disempurnakan system partikel berdasarkan inti.
11. Xpresso : Tidak dan
tidak pernah modul, itu adalah fungsi nti.
Sebagai Release 13, Cinema 4D datang dalam empat
Komponen :
1. Prime : Aplikasi inti.
2. Broadcast : Menambahkan
MoGraph2.
3. Visualize : Menambahkan
Visual Walkthrough, Advanced Render, Sky, Sketch dan Toon, pertukaran data,
kamera yang cocok.
4. Studio : Paket Lengkap
BAB III
PEMBAHASAN DAN HASIL
3.1 Pembuatan
Cerita
Animasi
Serangan Zombie menceritakan tentang
seseorang yang ingin keluar dari stasiun bawah tanah, namun pada saat keluar
sudah banyak zombie yang berkeliaran hingga kota pun sudah dipenuhi dengan zombie.
3.2 Proses Pembuatan
Langkah
– langkah pembuatan akan dijelaskan pada sub bab berikut :
3.2.1
Wall, Floor, Roof, Stair Mesh
1.
Pembuatan mesh menggunakan basic object dari
unreal engine 4 yaitu "cube"
2.
kemudian scale cube tersebut
3.
masukkan material pada cube teersebut
3.2.2 Wall, Floor, Roof , Stair Material
3.2.2.1 Materal Function Wall
1. Pembuatan material menggabungkan beberapa
texture dan menghubungkannya dengan Material Function yang akan disipan sebagai
material
2.
Settingan pada material wall :
a.
Material Domain = Surface
b.
Blend Mode = Opaque
c.
Shading Model = Default List
3.2.2.2 Material Function Floor dan Roof
Settingan Material
Function Floor dan Roof:
1.
+1 array elements = Misc
2.
Primitive Type = TPT Sphere
3.
Orbit Pitch = -35
4.
Orbit Yaw = -180
3.2.2.3 Material Function Stair
1.
Material Domain = Surface
2.
Blend Mode = Opaque
3. Shading Model =
Clear Coat
3.2.3 Night Scene
- Ubah
lokasi Light Source menjadi dibawah landscape
- Uncheck
Color Determined pada Sky Sphere
- Ubah
Zenith dan Horizon Color menjadi warna hitam
- Ubah
Cloud Opacity menjadi 0.2
3.2.4 Character Creation
1.
Assemble bagian head, torso, leg dan arm.
2.
Setelah melakukan assemble, lakukan perubahan
pada karakteristik pada tab customize.
3.
Setelah selesai lakukan export model as obj.
3.2.5 Animated Character
1.
Insert character yang sudah dibuat tadi
2.
Lakukan binding pada karakteer tadi
3.
Adjust movement pada bagian kepala dan juga
tangan
4.
Klik add walk button
5.
Setting stride untuk merubah langkah pada
karakter
6.
Setting lift
7.
Save dan export
3.2.6 AI Movement
1.
Export karakter beserta skeletal mesh
2.
Insert nav mesh bound volume
3.
Scale sesuai map
4.
Tekan P untuk melihat moveent area yang akan
dilakukan ai
5.
Insert nav modifier volume untuk membatasi
movement ai pada area tertentu
3.2.7 AI Character Blueprint
3.2.8 Actor Blueprint
1.
Pada bagian viewport tambahkan flash light,
dan juga particle system dust
2.
Insert variable bertipe boolean dan beri nama
flashlight on dan sprint
3.
Insert variable bertipe float dan beri nama
sprint speed dan walk speed
4.
Insert variable tadi dan masukkan pada tab
blueprint
5.
lalu gabungkan node - node tersebut
3.2.9 Matinee
1.
Add matinee(legacy)
2.
Add new camera group
3.
Scale waktu yang diinginkan
4.
Ubah posisi bar hitam ke awal matinee,
kemudian add key
5.
Ubah posisi bar hitam ke akhir matinee,
kemudian add key
6.
Ubah posisi camera actor untuk mendapatkan
cutscene
7.
Add new director group
8.
Pilih director group tadi dan tekan Enter
9.
Pilih opsi movement dan ok
10. Open level blueprint
11. Insert TriggerBox pada
map dan lakukan scale
12. Sambungkan node pada
blueprint
3.2.10 Text Based Actor
1.
Add component billboard
2.
Add sub component textrender
3.
Ubah text dan juga text render color
3.3 Hasil
Berikut adalah hasil animasi 3D yang sudah jadi
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan dan Saran
4.1.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa
Animasi Serangan Zombie dibuat dengan objek 3 dimensi dan Animasi Serangan
Zombie dibuat dengan menggunakan aplikasi Unreal Engine 4,
Radeon Relive, Movavi Video Editor 14 Plus, Fuse, Zbrush, Maya 3D dan Cinema
4D. Diharapkan dengan animasi ini dapat menghibur yang menyaksikannya.
4.1.2 Saran
Saran untuk pengembangan Animasi Serangan Zombie antara lain :
1. Untuk pengembangan kedepan ditambahkan alur
cerita agar lebih menarik.
2. Untuk proses edit animasi diperlukan hardware
yang mendukung agar tidak terjadi error.
Sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=WFI1VBSESe8
(Character Animation Walk Cycle)
https://www.youtube.com/watch?v=mikG9ZuM2gY
(Blended Material)
https://www.youtube.com/watch?v=DN6d1nx2yVE
(Matinee Tutorial)
www.google.com (random texture)
https://id.wikipedia.org/wiki/Unreal_Engine_:_Game_Engine
http://www.amd-id.com/2017/03/radeon-software-crimson-relive-edition-hadirkan-fitur-game-capture-terbaru-dan-peningkatan-performa/
http://gigapurbalingga.net/movavi-video-editor-full/
https://3dvirtual.wordpress.com/2010/09/20/zbrush/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar